Mengenal Pengertian MAC Address dan Kegunaannya

Pengertian MAC Address

Sebelum kita mengetahui pengertian MAC address dan kegunaanya seperti apa, maka kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Mac address. Mac Address atau biasa yang disebut dengan Media Acces Control merupakan sebuah alamat jaringan yang berada pada OSI layer 2 yang terdiri dari data dan link layer. 

Keduanya memiliki fungsi yaitu untuk membedakan setiap alamat yang berada di perangkat keras dalam sebuah jarigan agar tidak terjadi timbulnya sebuah konflik yang saling terhubung di perangkat keras tersebut, dan tak perlu khawatir untuk alamatnya tidak akan pernah berubah sampai kapan pun. 

Pengertian lain mengatakan bahwa mac address ini merupakan, sebuah alamat fisik berupa ethenet card pada router dan node jaringan lainnya. Yang sangat unik untuk digunakan identitas perangkat. MAC address biasanya juga disebut dengan EHA atau Ethernet hardware addres, dan physical address. 

Pada jaringan ini berisikan alamat unik yang memiliki panjang 48-6 byt yang menunjukkan interface sebuah router atau node lain dalam jaringan. MAC terdiri dari 12 digit bilangan heksadesimal (0 sampai dengan F) 6 digit pertama menunjukkan vendor pembuat kartu jaringan. 

Contoh dari MAC adrees : 02-00-4C-4F-F0-50, jika suatu computer memiliki dua kartu jaringan , maka computer tersebut harus memilki dua MAC address yang berbeda. Apabalia dalam computer tersebut ditemukan MAC addres yang sama, maka akan terjadi alamat tersbeut konflik dan computer tersebut tidak dapat saling berkomunikasi. 

Agar computer dalam suatu jaingan bisa saling berkomunikasi, maka harus menggunakan alamat IP karena lebih mudah dan simple. Yang kemudian akan diterjemahkan oleh ARP ke alamat IP ke MAC addres sehingga computer tersebut bisa saling berkomunikasi. 

Cara menggunakan MAC address di android terbilang cukuplah mudah,karena Anda hanya perlu membuka setelan tentang ponsel, lalu pilih menu status karena biasanya beberapa android alamat WLAN langsung ditampilkan tanpa harus masuk ke menu status, baru di sini Anda bisa melihat alamat MAC android Anda. 

Kegunaan dari Adanya MAC Address ini Diantaranya adalah : 

MAC address memiliki kegunaan yang diantaranya yaitu, untuk mengidentifikasi peragkat keras jaringan di dalam computer sehingga perangkat tersebut bisa berkomunikasi, karena MAC address tersebut memiliki keunikan diantaranya dapak mengidentifikasi siapa yang sedang mengakses jaringan tersebut. 

Selain itu, MAC address tersebut memiliki fungsi lainnya yaitu memudahkan router dan perangkat jaringan lain untuk mengidentifikasi setiap jenis perangkat yang terhubung dengan berbagai cara.

Pentingnya MAC address 

MAC address ini tentunya sangatlah penting untuk digunakan, karena MAC address digunakan di dalam setiap jaringan computer karena untuk saling berkomunikasi diantara kedua computer tersebut. MAC address ini tidak akan bisa terlihat oleh penggunanya, karena MAC address ini tergantung pada protocol TCP/IP. 

Jika ingin mengetahui lebih banyak terkait teknik di MAC address maka, diperlukan media Ethernet agar bisa tersambung ke semua media yang ada dikomputer. 

Berdasarkan pembahasan yang telah saya sebutkan diatas, merupakan pengertian MAC address dan kegunaanya dan betapa pentingnya MAC address bagi para pengguna computer. Semog ainformasi tersebut bisa bermanfaat bagi Anda.