Mengenal Secara Lengkap Apa Itu Sistem Operasi DOS?

Apa Itu Sistem Operasi DOS?
Apa itu sistem operasi DOS? Sistem operasi adalah bagian dari perangkat lunak yang dapat menjalankan komputer yang kita miliki. Tanpa sistem operasi, komputer yang kita miliki tidak akan mampu "melakukan apa pun".

Sistem operasi mengelola semua yang ada di komputer, termasuk semua perangkat keras yang ada, memori, hard drive dan lainnya. Dengan begitu mereka dapat menyelesaikan pekerjaan lebih praktis, cepat dan mudah.

Review Lengkap Apa Itu Sistem Operasi DOS?

Apa Itu Sistem Operasi DOS? (Disk Operating System)

Disk Operating System atau DOS adalah sistem operasi komputer yang menggunakan antarmuka baris perintah dan biasa digunakan pada tahun 1980. DOS adalah sistem operasi yang digunakan untuk mengelola semua sumber daya  komputer.

Pengguna berinteraksi dengan apa itu sistem operasi DOS? Yang mengeluarkan perintah menggunakan keyboard komputer. Perintah harus diinputkan oleh pengguna yang akan diterjemahkan oleh sistem DOS sesuai dengan fungsi dari perintah tersebut.

Dimana beragam perintah pada DOS ini seperti misalnya nama file program yang berakhiran .bat, .exe, dan lain sebagainya. Selain mengetikkan nama file program perintah DOS, biasanya digabung dengan dengan berbagai instalasi.

Dimana instalasi tersebut yang settingnya ditulis setelah nama file program, maka dapat disimpulkan bahwa DOS berupa sistem operasi untuk mengelola sistem komputer.

Fungsi DOS (Disk Operating System)

Ada beberapa fungsi dan apa itu sistem operasi DOS? Antara lain meliputi untuk mengontrol atau mengatur kegiatan komputer, mengelola proses mengimpor dan mengekspor data di komputer, dan untuk mengelola memori komputer serta mengelola file dan folder.

Tentunya masih banyak juga fungsi DOS lain yang saat ini masih banyak digunakan. Salah satunya adalah juga untuk mengatasi beberapa masalah troubleshooting pada hardware komputer.

Kelas Sistem Operasi Disk (DOS)

Keluarga DOS dibagi menjadi beberapa kelas, yaitu:

• Sistem Operasi Disk Microsoft atau disingkat MSDOS, yang mencakup Compaq DOS, Tandy DOS, Sistem Operasi Cepat dan Kotor "QDOS" dan kelas-kelas lain yang disertakan dalam sistem operasi MSDOS.

• IBM PCDOS atau Sistem Operasi Disk Komputer Pribadi Mesin Bisnis Internasional, meskipun masih diproduksi oleh Microsoft, telah sedikit dimodifikasi untuk digunakan dengan komputer yang diproduksi oleh IBM dengan apa itu sistem operasi DOS?

• Digital Research Disk  atau disingkat  DRDOS dibuat oleh pencipta sistem operasi CP/M, Gary Kildall.

• Novell Personal Netware adalah versi "Sistem Operasi Disk Riset Digital" DRDOS  yang dijual ke Novell, karena perusahaan pengawasan CP/M bangkrut atau gagal, jadi Novell mengakuisisi Digital Research Incorporated .

• Caldera DOS,  versi  Novell Personal Network, dijual ke Caldera Corporation.

• Free Dos dikembangkan oleh komunitas open source, versi  DOS ini dibangun di atas sisa-sisa pengembangan Caldera DOS.

Sekian ulasan yang mungkin perlu Anda ketahui terkait apa itu sistem operasi DOS? Semoga membantu sebagai referensi dan tambahan informasi yang menarik untuk Anda gunakan dengan baik.