Klasifikasi dan Morfologi Ubi Kayu (Singkong)

Klasifikasi dan Morfologi Ubi Kayu (Singkong) - Ubi kayu atau singkong (Manihot esculenta) merupakan ketela pohon yang hidup di iklim tropis dan substropis. Seperti yang kita ketahui singkong/ubi kayu merupakan sumber karbohidrat juga. singkong juga bisa langsung di makan tanpa harus memasak nya terlebih dahulu jika anda menyukai nya.
Selain itu singkong sangat mudah sekali untuk menanam nya anda hanya perlu menancapkan batang nya saja tanaman singkong akan tumbuh.

Klasifikasi dan Morfologi Ubi Kayu (Singkong)
Selain kaya akan karbohidrat ubi kayu juga memiliki berbagai macam kandung antara lain : protein, zat besi, kalsium, lemak, kalsium, vitamin B1, vitamin c. akan tetapi protein pada umbi kayu sangat lah sedikit.

Ubi kayu pun ternyata memiliki kandungan HCN atau bisa disebut sebagai asam sianida, yang bersifat racun. tak perlu takut jika anda memasak nya dengan benar anda tidak akan mengalami keracunan saat menkonsumsi karena resiko keracunan singkong sangatlah rendah.



Klasifikasi Tanaman Ubi Kayu (Singkong)
Kingdom :  Plantae
  • Divisi       : Magnoliophyta
  • Kelas       : Magnoliopsida
  • Ordo        : Malpighiales
  • Famili      : Euporbiaceae
  • Genus      : Manihot
  • Spesies    : Manihot esculenta
Morfologi Tanaman Ubi Kayu (Singkong)

a. Akar

Ubi kayu memiliki akar tunggang dan termasuk dalam golongan tumbuhan dikotil. karena ubi kayu akar tunggang di menyimpan cadadangan makanan nya di akar yang lama kelamaan akan membesar sampai terbentuk nya ubi kayu atau yang sering kita sebut singkong.

b. Batang

Ubi kayu memiliki bentuk batang yang bulat, panjang, berkayu, berbuku dan tumbuh memanjang. untuk panjang batang ubi kayu antara 2-3cm. untuk ukuran ubi kayu tergantung varietas nya sendiri. memiliki tonjoloan di batang nya dan warna batang nya coklat kemerah-merahan.

c. Daun

Tanaman ubi kayu memiliki daun tunggal (folium simplek) yang bertulang daun (nervatio/veneratio) serta berbentuk menjari (palminervis). Memiliki tepi daun (margo folii) berbentuk rata (integer). Pada daun nya terdapat tangkai  (petioulus) yang panjang dan helaian nya seperti telapak tangan dan setiap tangkai nya memiliki jumlah 3-8 lembar. daun ubi kayu berwarna hijau muda tetapi saat daun ubi kayu sudah tua warna nya berubah menjadi hijau tua.

d. Bunga

Ubi kayu memiliki bunga berumah satu (monoeseus) dengan penyerbukan silang. Bunga ini berukuran 1cm. bunga ubi kayu berada di dalam tandan yang tidak rapat yang berkumpul di ujung batang. Bentuk bunga betina pada ubi kayu berbentuk seperti cincin dengan putik yang bersatu. 

e. Buah 

Tanamah ubi kayu memili buah yang sering kita sebut umbi/singkong. umbi ini terbentu dari akar yang berubah bentuk sebagai tempat meyimpan cadangan makanan. bentuk umbi bermacam macam ada yang lonjong bulat ada juga yang meruncing. setiap tanaman ubi kayu bisa menghasil antara 5-8 umbi.


Dengan ada nya tulisan ini semoga bisa membantu anda yang sedang mengejerjakan tugas mengenai klasifikasi dan morfologi ubi kayu (singkong). jangan lupa untuk membagikan artikel ini. terimakasih.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter