-->

Ads 720 x 90

Struktur Jabatan/Organisasi Di Kapal

Struktur Jabatan/Organisasi Di Kapal
Struktur Jabatan Atau Organisasi Di Kapal

Struktur Jabatan/Organisasi Di Kapal - Mencapai tujuan dalam melakukan pelayaran maka akan di butuhkan sebuah tim supaya tercapai nya tujuan pelayaran tersebut. dengan ada nya sebuah tim akan mempermudah kita untuk melakukan pelayaran karena setiap petugas yang melakukan pelayaran mempunyai peran nya masing-masing.

Hal yang perlu kita ketahui struktur organiasi di dalam kapal  tidak selalu baku, karena setiap kapal memiliki struktur organisasi yang berbeda-beda. kita bisa ambil contoh dari kapal pesiar yang berisikan bartender, cabin-boy dan sebagai nya. tergantung kebutuhan di kapal tersebut.

Tetapi pada umum di kapal kargo, penumpang, dan perikanan. ada 3 bagian utama dalam struktur organisasi. bagian tersebut saling support antar departemen. sebagai berikut.

Struktur Jabatan/Organisasi Di Kapal


Struktur Organisasi Kapal

Struktur Jabatan/Organisasi Di Atas Kapal Antara Lain :

1. Departemen Dek 

Salah satu bagian yang cukup penting adalah departemen dek. departemen bertugas sebagai navigasi kapal, perawatan kapal, bongkar muat kapal, keamanan kapal, hingga mengurusi perizinan terkait dalam pelayaran kapal.

Bagian-bagian deparement dek : 

- Master 

Biasa disebut kapten atau nahkoda, jabatan ini merupakan salah satu yang terpenting karena jabatan ini merupakan perwira tertinggi di kapal, selain sebagai perwira tinggi jabatan ini juga sebagai perwakilan manejemeen dari perusahaan.

Kapten atau nahkoda bertanggung atas semua kru dan keamanan di kapal sehingga pelayaran berjalan dengan aman.

- Chief Officer

Chief Officer adalah jabatan tertinggi kedua setelah kapten atau nahkoda. peran dari chief officer ialah memimpin para kru, perencanaan pelayaran, manajemen keselamatan, hingga melakukan bongkar muat kapal di pelabuhan.

- Second Officer 

Seorang second officer memiliki tugas terkait alat navigasi kapal, perencaan pelayaran, perlengkapan radio dan perlengkapan medis.

- Third Officer

Jabatan third officer mengemban tugas untuk menjaga keamanan kapal, mengarahkan arah navigasi kapal, peralatan keselamatan, dan adminsitrasi umum.

- Markonis 

Radio officer atau spark ( markonis ) bertugas sebagai operator radio dan alat komunikasi kapal. serta bertanggung jawab jika ada ancaman bahaya seperti badai, kapal tenggelam dll.

- Kepala Kelasi

Kepala kelasi bertugas sebagai pembuat laporan untuk di berikan kepada chief officer dan bertanggung jawab juga atas semua anak buah kapal serta mengawasi dan memimpin seamen madya.

- Seaman Madya

Jabatan seaman madya bertugas sebagai penanggung jawab di ruang kemudi, kargo, operasional pelayan hingga kebagian bawah pengawasan bosun.

- Seaman Biasa

Seaman biasa bekerja sebagai pendukung dek yang ada di dalam ruang kemudi, kesiapan dalam pelayaran dan kerbersihan dek.


2. Departemen Dek Mesin

Sesuai dengan nama nya departemen mesin, departemen ini bertanggung jawab atas semua mesin yang ada dikapal dan instalasi di dalam kapal.

- Chief Engineer

Chief engineer adalah seorang insinyur tertinggi yang bertanggung jawab atas seluruh departemen mesin. chief engineer bertanggung jawab langsung kepada nahkoda kapal.

Serta memberikan koordinasi kepada seluruh kapten agar tujuan dalam pelayaran berjalan dengan baik.

- First Asisten Engineer

First asisten engineer adalah bagian yang bertugas untuk untuk membantu chief engineer. tugas nya antara lain membuat perencanaan dan memonitoring terhadap perawatan dan perbaikan mesin kapal.


Selain membantu chief engineer first asisten engineer juga bertanggung jawab atas operasi sehari-hari dan memimpim abk kapal di bagian mesin serta memberi intruksi bagi abk yang di bagian mesin.

- Second Asisten Engineer

Second asisten engineer bertugas sebagai penanggung jawab atas pemeliharaan generator mesin, pompa kargo, minyak pelumas, dan bahan bakar.

Serta mencatat penggunaan bahan bakar dan oli, karena ditujukan untuk pelaporan kepada perusahaan kapal. dengan cara di tulis di jurnal mesin.

- Third Asisten Engineer

Third asisten engineer tugas nya adalah bertanggung jawab atas kondisi kapal terdiri dari pemeliharaan kompresor udara, generator, air, pemurni, dan sekoci.

Serta menyiapkan alat pemadam kebakaran dan peralatan untuk menyelamatkan jiwa di bagian departemen mesin.

- Electrican

Electrican atau yang sering disebut juru listrik bertugas sebagai penanggung jawab atas semua kelistrikan di kapal seperti penggunaan tenaga listrik dan cadangan listrik.

- Foreman 

Foreman atau yang sering di sebut sebagai mandor mesin ini bertugas membuat laporan kepada asisten pertama manager.

Selain membuat laporan mandor mesin juga mengawasi pekerjaan oiler dan wiper. supaya pekerjaan dikapal berjalan dengan lancar.

- Oiler 

Oiler bertugas  membantu mandor mesin dan mendukung jabatan engineer di semua aspek.

- Fitter 

Fitter adalah seorang juru las atau sering disebut juga sebagai welder.

- Wiper 

Wiper adalah awak kapal yang paling di junior ruang mesin kapal. bertugas membersihkan ruang mesin dan membantu para masinis sesuai yang di arahkan kepada wiper.

3. Departemen Catering 

Departemen catering adalah bagian yang memiliki tugas disemua aspek makanan di atas kapal. mereka bekerja di dapur dari menyiapkan makanan hingga menyajikan makanan.

- Chief Cook

Jabatan ini bertanggung jawab atas semua catering departemen, seorang chief cook juga membuat laporan kepada master dan mengawasi helper di semua aspek.

Chief cook juga mengatur anggaran dana dan mengatur perencanaan makanan.

- Second Cook 

Second cook bertugas sebagai pembantu chief cook, membuat laporan, serta bertugas memasakan sehari-hari di atas kapal, dan mengawasi utility.

- Utility

Seorang utiity bertugas meyiapkan makanan dan menyiapkan bahan makanan. selain itu juga melayani pejabat mesin maupun dek saat makan.

Serta membantu kepala cook melakukan persiapan peralatan hingga kebersihan sehari-hari.


Demikianlah penjelasan singkat mengenai struktur organisasi atau jabatan di atas kapal semoga dengan ada nya tulisan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita, cukup sekian dari saya terimakasih..

Related Posts

Subscribe Our Newsletter