Nama Para Tokoh Tokoh Penjelajah Samudra

Nama Para Tokoh Tokoh Penjelajah Samudra

Tokoh-Tokoh Penjelajah Samudra - Telah selesai nya perang salib yang di lakukan oleh orang barat, mereka mulai berifikir betapa penting nya itu ilmu pengetahuan,

Karena kekalahan pada perang salib tersebut bangsa eropa mengalami krisis dalam perdagangan dikarenakan jalur lalulintas perdagangan mereka ke asia melalui laut tengah di tutup oleh turki ottoman.

Oleh karena itulah bangsa barat memulai mencari mata rantai perdagangan yang telang hilang dikarenakan perang salib dan memulai pelayaran samudera, serta karena ke terpurukan tersebut lah membuat bangsa barat memulai memikirkan ilmu pengetahuan dengan serius.

Setelah itu terjadilah revolusi di berbagai bidang seperti politik, ekonomi. sosial, dan budaya. karena
kegiatan industri di negara-negara eropa membuat banyak nya permintaan bahan baku. inilah pemicu ada nya pelayan samudera.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas nama para tokoh tokoh penjelajah samudra dari eropa yang memiliki andil yang cukup besar sehingga mereka sampai ke indonesia. di pembahasan ini hanya berisikan biografi para tokoh penjelajah samudra saja.

 Nama Tokoh-Tokoh Penjelajah Samudra


Oke inilah nama para tokoh penjelajah samudra yang mengarungi samudra untuk mencari bahan baku atau rempah-rempah.

1. Cornelis de Houtman dan Pieter de Kaizer


Jika anda ingin mengetahui awal mula penyebab nya banyak orang-orang belanda ke indonesia mencari rempah-rempah ialah karena de Houtman.

Tepat pada tahun 1595 de houtman bersama dengan empat buah kapal yang mampu menampung 249 awak kapal serta 64 meriam, memulai pelayaran ke arah timur untuk mencari rempah mengambil jalur yang seperti di lakukan oleh bangsa portugis.

Karena de houtman kurang pengalaman perjalanan bersama kru nya memakan waktu yang cukup lama yaitu 14bulan sampai lah dia pada bulan juni pada tahun 1596 de houtman bersama rombongan nya mendarat di banten indonesia.

Karena pada saat itu banten perubahan pelabuhan lada terbesar di jawa barat Dan de houtman pun meninggalkan banten menuju ke timur ke daerah pulau jawa dan kembali ke negara nya pada tahun 1579 dan membawa rempah-rempah yang cukup banyak.

2. Jacob Van Neck dan Van Warwyk


Mulai lah bangsa belanda mengarungi lautan untuk mencari rempah-rempah.

Berbeda dengan de houtman, jacob van neck bersama kru nya setiba nya di banten, tuban, dan maluku di sambut dengan baik serta dengan hormat oleh penduduk.

Penyebab keramahan nya ialah karena baru saja banten mengalami kerugian yang di sebabkan oleh orang-orang portugis.


Sama hal nya dengan tuban dan maluku mereka sedang bermusuhan dengan bangsa spanyol dan portugis.

3. Sir Francis Drake


Siapa sih orang inggris pertama yang mengarungi lautan dan datang ke indonesia ? Sir Francis Drake lah yang pertama kali.

Drake bersama kru berangkat pada tahun 1577-1580 dari inggris ke barat.

Dalam pelayaran nya ini drake bersama rombongan singgah di ternate dan mulai melakukan perdagangan rempah-rempah setelah itu drake pun pulang ke negara nya membawa muatan remoah-rempah cengkih.

4. Sir James Lanchester dan George Raymond


Karena banyak nya bangsa barat yang melakukan pelayaran untuk mencari rempah-rempah.

Pada tahun 1591, ratu inggris pertama yang bernama Elizabeth I mendukung keterlibatan inggris dalam perdagangan rempah-rempah.

Atas nama ratu inggris di utuslah Sir James Lanchester dan George Raymond untuk bersiap-siap melakukan pelayaran samudra, sir james dan george pun sampai di aceh dan penang kembali ke inggris pada tahun 1594.

Pada tahun 1600 ratu inggris pun memberikan hak oktroi kepada organisasi dagang inggris EIC.

Pada pelayaran pertama ini di pimpin oleh Lanchester dan pada bulan juni 1602 lanchester dan kru berhasil sampai aceh dan menuju ke banten. dan dia mendapatkan izin untuk membangun kantor perdagangan.

Pelabuhan banten lah yang mebuat inggris mengalami kemajuan di wilayah asia sampai tahun 1682.

5. Sir Henry Middleton


Pada tahun 1604 di mulailah pelayaran kedua yang di pimpin oleh Sir Henry Middleton.

Dia pun berhasil mendarat di Ternate, Tidore, Ambon, Dan Belanda.
Antara tahun 1611-1617, mereka memulai mendirikan kantor dagang di sukadana kalimantan barat daya, makassar, jayakarta,aceh, jepara, jambi, dan pariaman.

Melihat orang-orang inggris membangun kantor-kantor dagang membuat bangsa belanda geram menganggap bahwa mereka telah gagal memonopoli perdagangan.

6. Bartholomeus Diaz


Pada Bulan Agustus 1487 di utuslah Bartholomeus Diaz oleh raja Portugis Joao II untuk memulai pelayaran ke Afrika Barat dalam menemukan Hindia, yang kaya akan rempah-rempah itu.

Pada saat itu nusantara sudah amat terkenal akan rempah-rempah nya. seperti yang kalian ketahui hindia sendiri ialah indonesia. Hindia terkenal karena seorang pedagang yang bernama marcopolo menulis sebuah buku Books Of Arious Periences.

Setelah Bartholomeus pun memulai pelayaran nya dari ibukota portugis lisabon melalui rute pantai barat afrika sampai ke ujung selatan benua afrika.

Karena ombak laut terlalu besar bartholomeus dengan kru terpaksa harus berhenti sejenak menunggu badai reda.

Badai pun reda bartholomeus pun melanjutkan nya ke timur lalu ke utara dan sampailah di pantai afrika di teluk mossel.

Awak kapal sempat mendesak agar pulang karena kapal sudah terlalu jauh berlayar ke arah tenggara, bartholomeus pun melihat pantai afrika berbelok ke utara sehingga kalan menuju ke hindia terbuka lebar.

Bartholomeus pun memberikan sebuah nama titik barat tersebut dengan nama tanjung badai. kemudian di gantilah oleh Raja Joao II dengan nama tanjung Harapan Cape Of God HOpe.
Diberikan nama Tanjung Harapan karena tempat itu memberikan bagi orang-orang portugis untuk menemukan hindia

7. Vasco da Gama


Pada tahun 1497, raja portugis mengutus seorang yang bernama Vasco da Gama untuk melanjutkan usaha diaz, untuk berlayar kembali ke timur untuk mencari asal rempah-rempah.

Dikarenakan rute sebelum nya sudah di ketahui oleh bartholomeus, Vasco da Gama cukup melanjutkan nya saja langsunglah Vasco da Gama berlayar melalui rute samudra atlantik dan sampailah di sebelah utara tanjung harapan.

Tepat tanggal 22 mei 149, Vasco da Gama bersama dengan kru tiba di calcuta dan goa pantai barat india.

Di tempat itu Vasco da Gama pun berupaya mendirikan pos-pos perdagangan, karena di mengira india adalah daerah penghasil rempah-rempah.

Walaupun pada akhir nya sadar bahwa india bukanlah penghasil rempah-rempah mereka tetap membeli dan sebagian nya di jual ke negara eropa lain nya.

8. Alfonso de Albuquerque


Sama hal nya seperti Vasco da Gama, Alfonso de Alburque pun melanjutkan pelayaran yang dilakukan oleh pendahulu nya.

Bangsa portugis pun sudah mengetahui bahwa india bukanlah asal daerah asal rempah-rempah, tetapi malaka tetap tempat perdagangan rempah-rempah di asia.

Setelah berhasil menaklukkan goa pada tahun 1510, Alfonso de Alburque pun melanjutkan nya ke malaka setelah sampai di jalur perdagangan selat malak, alfonso serta kru memiliki niatan untuk menguasai malaka.

Alfonso de Alburque pun berhasil menguasai kerajaan malaka pada tahun 1511.

Setelah berhasil menaklukkan malaka di pun mulai menaklukkan myanmar dan karena itulah dia memulai menjalin hubungan dagang dengan maluku.

9. Christopher Columbus


Pada tanggal 3 agustus 1492, Christopher Columbus bersama dengan seorang penyelidik bernama Amerigo Vespucci melakukan pelayaran dengan tiga buah kapal : Santa maria, Nina, Dan Pinta.

Columbus pun memulai perjalanan nya ke asia dengan menyeberangi samudra atlantik. 2bulan lama nya columbus mengarungi samudra atlantik dan sampailah columbus di pulau Guanahani yang ada di kepulauan Bahama, karibia yang lebih dikenal dengan hindia barat.

Bersama dengan seorang penyelidik bernama Amerigo Vespucci berhasil mendarat di pulau guanahani yang dia kira ialah hindia pada tanggal 12 oktober 1492.

Setelah mendarat di pulau guanahani dia pun melanjutkan pelayaran nya dan sampailah di haiti yang kemudian dinamakan Hispaniola pada tanggal 6 desember 1492. karena ada nya perjanjian columbus pun di angkat sebagai gubernur Haiti.

Pada tanggal 16 januari 1493 columbus pun memutuskan untuk kembali ke spanyol.


Columbus sendiri di kenal sebagai seorang penemu Benua Amerika karena keberadaan nya yang pertama di benua amerika.

10. Ferdinand Magelhaens


Fernando de Magelhaens adalah orang pertama yang memulai pelayaran ke eropa barat menuju asia, serta sebagai orang pertama yang berlayar di samudra pasifik, dan orang memimpin penjelajahan untuk mengelilingi bola dunia.

Karena ada nya pergantian nama dari nama sebuah pulau yang sebelum nya bernama Kepulauan Massava menjadi filipina yang di ambil dari nama seorang raja spanyol.

Karena pertempuran itulah fernando de Magelhaen gugur dan para kru nya yang selamat melanjutkan kembali ekspedisi nya ke maluku, tiba pada tahun 1521 dan pada tahun 1522 kru yang selamat tiba di spanyol.


Nama pelayaran ini di kenal dengan Ekspedisi Magelhaens del Cano.


Itulah nama-nama toko para penjelajah samudra yang memulai penjelajahan untuk mencari sumber rempah-rempah

Seperti yang kita ketahui awal mula nya ialah hanya untuk mencari pasokan rempah-rempah atau berdagang karena sifat kolonialisme lah yang membuat mereka berfikir bisa menguasai tempat asal rempah-rempah asia, afrika, dan negara tercinta kita ini indonesia.

Jika ada kekurangan atau kesalahan dalam penulis nama-nama tokoh penjelajah mohon di maafkan anda bisa menambahkan masukan di kolom komentar blog ini. Terimakasih.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter