Mengenal Apa Itu WAP (Wireless Application Protocol) Dalam Jaringan Internet

Mengenal Apa Itu WAP

Bagi para pengguna internet banking beberapa memang merasa asing dengan istilah WAP namun ada pula yang telah sangat mengerti apa itu WAP. Mengenal Apa itu WAP ( wireless application protocol) terhitung sangat penting untuk digunakan sehari-hari. Hal ini lebih penting untuk dibahas karena keperluannya memang sangat sedih penting saat ini.

Hal Penting Dalam Mengenal Apa Itu WAP (Wireless Application Protocol)

Kecanggihan dunia internet yang menarik banyak perhatian juga tidak dapat digunakan secara sembarangan yang mana berarti harus dipelajari lebih dalam agar penggunaannya lebih tepat. Terdapat berbagai macam istilah yang ada di dalamnya yang mungkin masih terdengar asing bagi banyak orang. Berikut adalah beberapa pembahasan mengenai WAP.

Apa itu WAP?

Mengenal Apa itu WAP (wireless application protokol) tentu saja harus dimulai dengan pengertiannya. Merupakan sebuah protokol aplikasi yang sangat memungkinkan bagi internet untuk dapat diakses dengan ponsel dan perangkat nirkabel atau wireless lainnya. Protokol ini akan membawa informasi online melewati internet langsung terhadap ponsel atau client WAP lainnya.

Dalam mengenal WAP ini terdapat tiga bagian utama yaitu berupa perangkat wireless yang dapat mendukung WAP ditambah dengan WAP gateway sebagai perantara, dan juga server yang digunakan sebagai sumber dokumen. Adapun dokumen yang ada dalam web tersebut dan dapat berbentuk HTML ataupun juga dapat berbentuk WML.

Cara Kerja WAP

Adapun cara kerjanya adalah ketika sebuah ponsel ingin meminta sebuah informasi yang ada pada server kemudian harus melewati WAP gateway terlebih dahulu dan berlaku juga untuk sebaliknya. Yang mana ini dibantu dengan jaringan komunikasi nirkabel (wireless) dan juga memiliki keterbatasan terutama untuk kapasitas dengan bandwidth yang kecil. Inilah salah satu alasan mengapa harus mengenal apa itu WAP (wireless application protocol).

Selain itu juga kapasitas ini tidak cocok untuk digunakan dalam memproses informasi melalui protokol HTTP. Karena protokol tersebut juga memiliki fungsi untuk dapat mengatur pengiriman informasi dari client yang menuju server dan juga sebaliknya. Dan untuk kesenjangan ini kemudian diciptakan WAP gateway yang memiliki fungsi untuk dapat meneruskan permintaan informasi dari ponsel menuju server.

Kelebihan & Kekurangan WAP

Kelebihan yang dimiliki adalah sudah dapat digunakan oleh 95% produsen ponsel yang ada di dunia, dan juga tidak terdapat kepemilikan metode dalam proses pengaksesan internet yang menggunakan standar WAP. Selain itu juga network yang independen terhadap WAP ini juga dapat bekerja pada seluruh jaringan seluler yang ada.

Dan itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan pelajari untuk dapat mengenal Apa itu WAP (wireless application protocol) yang perlu diketahui karena memang metode ini telah diterapkan di 95% produsen ponsel di seluruh dunia. Sehingga tentu saja hal ini harus menjadi bagian utama yang perlu untuk dipelajari agar dapat menggunakan dengan baik.