-->

Ads 720 x 90

Bentuk Kerusakan Laut Serta Cara Mengatasi Nya

Bentuk Kerusakan Laut Serta Cara Mengatasi Nya

Bentuk Kerusakan Laut - Indonesia adalah negara maritim, lautan lebih banyak dari pada daratan. karena luas nya lautan sumber daya alam nya pun sangat melimpah ruah.

Karena melimpah kekayaan laut nya banyak negara asing yang diam-diam mencuri ikan di lautan indonesia, sebagian besar pencuri ikan ini menggunakan alat-alat yang sangat-sangat tidak ramah dengan ekosistem laut contoh menangkap ikan dengan pukat harimau ada juga yang menggunakan bom ikan.

Seperti yang kita ketahui menangkap ikan dengan pukat harimau, bentuk kerusakan pada ekosistem tidak langsung terasa tetapi pada waktu yang  mendatang mungkin saja sulit sekali mendapatkan ikan dari laut karena banyak terumbu karang yang menjadi rumah para ikan rusak.

Maka dari itu mulai menjaga laut kita semoga terhindar dari bentuk kerusakan laut yang mungkin saja tidak kita sadari. kita bisa memulai dengan menanam terumbu karang dan menanam hutan bakau yang mampu menjaga abrasi.

Bentuk-Bentuk  Kerusakan Laut

Bentuk Kerusakan Laut
Bentuk Kerusakan Laut

Abrasi

Abrasi adalah terkikis nya daratan pantai oleh tenaga gelombang laut dan arus gelombang laut yang memiliki sifat merusak. Sebenar nya ada dua faktor penyebab abrasi faktor alam dan faktor manusia. pada faktor alam karena air pasang gelombang memiliki kekuatan untuk mengikis garis pantai yang kuat sedangkan faktor manusia ya karena keserakahan memanfaatkan sumber daya alam yang berlebihan.


Kerusakan Terumbu Karang

Seperti yang kita ketahui terumbu karang adalah rumah dan tempat berkumpul nya makanan para ikan, jika terumbu karang mengalami kerusakan kemungkinan besar ikan-ikan sulit untuk ditemui dan tingkat pencemaran laut akan tinggi

Pencemaran Air Laut

Ini termasuk dalam faktor manusia, pencemaran laut lebih banyak disebabkan oleh manusia. seperti yang kita ketahui limbah-limbah industri di indonesia lebih banyak yang berbentuk cair. karena berbentuk cair banyak pabrik-pabrik yang membuang nya langsung kelautan.

Dampak Kerusakan Pada Laut

Dampak Kerusakan Pada Laut
Dampak Kerusakan Pada Laut

Seperti kata pepatah "setiap perbuatan pasti ada balasan nya" entah karena kesengajaan atau ketidaksengajaan manusia atau memang karena faktor alam. nah berikut ini adalah berbagai macam dampai akibat kerusakan lautan.

Pendapatan Nelayan Turun

Karena laut mengalami kerusakan banyak para nelayan yang sulit untuk mendapatkan ikan.

Laut Tidak Indah Lagi

Karena rusak nya terumbu karang kita akan sulit menemukan ikan-ikan hal ini juga merusak sektor pariwisata

Biota Laut Mengalami Keracunan Masal

Hal ini sering terjadi bila laut mengalami kerusakan banyak ikan-ikan yang mengalami keracunan karena laut sudah tercemar karena sudah tidak ada lagi terumbu karang yang menjadi pembersih lautan.

Pertumbuhan Fitoplangkton Terhambat

Jika pertumbuhan fitoplangkton terhambat bertanda laut sudah tidak subur lagi dan populasi ikan lama-lama akan menurun.

Cara Mencegah Kerusakan Laut

Ada banyak cara untuk mencegah terjadi kerusakan laut langsung saja baca tulisan berikut ini.


  1. Tidak menangkap ikan dengan bom ikan atau pukat harimau yang membuat kerusakan terumbu karang
  2. Budayakan membuat sampah pada tempat nya bukan membuat sampah ke laut
  3. Tidak menurunkan jangkar pada pesisir laut karena disisir laut banyak terumbu karang
  4. Tidak mengambil terumbu karang sebagai barang koleksi atau untuk dijual
  5. Tidak menggunakan zat-zat kimia ketika ingin menangkap ikan
  6. Tidak melakukan penambangan di daerah ekosistem laut

Cara Mengatasi Kerusakan Laut

Untuk mengatasi kerusakan pada laut peran manusia sangat lah penting, oke berikut inilah cara-cara mengatasi kerusakan pada laut.

  1. Memulai dengan nanam pohon mangrove yang berfungsi sebagai pencegah abrasi serta tempat berkembang biak nya biota laut
  2. Melakukan pembakaran minyak di permukaan air yang akan membantu ketika mengalami kesulitan pemompaan dari permukaan laut
  3. Melakukan daur ulang material organik
  4. Melakukan pembersihan laut dari tumpahan minyak
  5. Melakukan pelestarian terumbu karang

Solusi Agar Laut Tidak Mengalami Kerusakan

  1. Memberikan edukasi kepada segenap masyarakat di sekitar laut agar mengetahui betapa penting nya menjaga kelestarian ekosistem laut
  2. Melakukan penanaman kembali hutan bakau serta menggalakan perbaikan dan pembersihan terumbu karang
  3. Memberikan edukasi kepada para nelayan untuk tidak menangkap ikan yang tidak sesuai ukuran
  4. Melakukan penataan kepada para penambang pasir pantai

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Bentuk Kerusakan Laut Serta Cara Mengatasi Nya semoga dengan adanya tulisan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita, jagalah laut kita agar anak dan cucu kita kelak nanti masih bisa melihat laut yang bersih dan indah. cukup sekian dari saya terimakasih.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter