Apa Itu Integration Testing? Yuk, Cari Tahu Istilahnya!

Apa Itu Integration Testing?

Apa itu integration testing? Hal ini biasa dilakukan untuk menguji modul/komponen saat terintegrasi untuk memverifikasi bahwa mereka bekerja seperti yang diharapkan yaitu untuk menguji modul yang bekerja dengan baik secara individual tidak memiliki masalah saat terintegrasi.

Apa Itu Integration Testing? 

Pada dasarnya apa itu integration testing cukup mudah yaitu mengintegrasikan atau menggabungkan modul yang diuji unit satu per satu dan menguji perilaku sebagai unit gabungan. Fungsi atau tujuan utama dari pengujian ini adalah untuk menguji interface antar unit/modul.

Modul individu pertama kali diuji secara terpisah. Setelah modul diuji unit, mereka diintegrasikan satu per satu, hingga semua modul terintegrasi, untuk memeriksa perilaku kombinasional, dan memvalidasi apakah persyaratan diterapkan dengan benar atau tidak.

Di sini kita harus memahami bahwa apa itu integration testing tidak terjadi pada akhir siklus, melainkan dilakukan bersamaan dengan pengembangan. Jadi di sebagian besar waktu, semua modul sebenarnya tidak tersedia untuk diuji dan inilah tantangannya untuk menguji sesuatu yang tidak ada.

Mengapa Perlu Integration Testing?

Tahukah Anda bahwa pengujian Integrasi itu rumit dan memerlukan beberapa pengembangan dan keterampilan logis. Itu benar! Lalu apa tujuan mengintegrasikan pengujian ini ke dalam strategi pengujian?

Mengecek Penggunaan Aplikasi

Di dunia nyata, ketika aplikasi dikembangkan, itu dipecah menjadi modul yang lebih kecil dan pengembang individu diberi 1 modul. Logika yang diterapkan oleh satu pengembang cukup berbeda dari pengembang lainnya. Dan hal ini bisa diuji menggunakan apa itu integration testing.

Sehingga menjadi penting untuk memeriksa apakah logika yang diterapkan oleh pengembang sesuai dengan harapan dan memberikan nilai yang benar sesuai dengan standar yang ditentukan.

Menguji Produk Yang Ada

Sering kali wajah atau struktur data berubah ketika berpindah dari satu modul ke modul lainnya. Beberapa nilai ditambahkan atau dihapus, yang menyebabkan masalah pada modul selanjutnya.

Modul juga berinteraksi dengan beberapa alat atau API pihak ketiga yang juga perlu diuji apakah data yang diterima oleh API/alat tersebut sudah benar dan bahwa respons yang dihasilkan juga sesuai dengan yang diharapkan.

Keuntungan

Integration testing ini memastikan bahwa modul atau komponen terintegrasi berfungsi dengan baik. Pengujian integrasi dapat dimulai setelah modul yang akan diuji tersedia. Itu tidak memerlukan modul lain yang harus diselesaikan untuk pengujian yang harus dilakukan, karena rintisan dan driver dapat digunakan untuk hal yang sama. 

Tantangan

Pengujian integrasi berarti menguji dua atau lebih sistem terintegrasi untuk memastikan bahwa sistem berfungsi dengan baik. Tidak hanya tautan integrasi yang harus diuji tetapi pengujian menyeluruh yang mempertimbangkan lingkungan harus dilakukan untuk memastikan bahwa sistem terintegrasi berfungsi dengan baik.

Mungkin ada jalur dan permutasi berbeda yang dapat diterapkan untuk menguji sistem terintegrasi. Tantangan lainnya adalah mengelola pengujian integrasi menjadi kompleks karena beberapa faktor yang terlibat di dalamnya seperti database, platform, dan lainnya. Itulah pengertian dari apa itu integration testing yang bisa Anda ketahui! Semoga membantu!