-->

Ads 720 x 90

Klasifikasi Rumput Teki dan Morfologi Rumput Teki

Klasifikasi Rumput Teki dan  Morfologi Rumput Teki

Klasifikasi rumput teki dan morfologi rumput teki! Seringkali kita melihat adanya rumput teki yang tumbuh secara sembarangan di tempat terbuka, seperti di pinggir jalan, lapangan rumput, lahan pertanian serta tegalan yang ada di suatu desa. Rumput ini biasanya dianggap sebagai tanaman yang merugikan dan dianggap sebagai gulma oleh sebagian masyarakat. Padahal rumput teki memiliki khasiat yang tinggi dimana rumput ini mampu mengobati berbagai macam penyakit yang sering menghampiri manusia.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa membaca informasi mengenai klasifikasi rumput teki berikut ini sehingga tidak salah menduga bahwa rumput ini tidak dianggap sebagai gulma saja, melainkan tanaman yang cukup berguna dan bisa dimanfaatkan dengan baik.

Rumput teki ternyata memiliki nama ilmiah yang mudah diucapkan, yaitu Cyperus rotundus L. Rumput ini berasal dari kingdom plantae sehingga tergabung dalam divisi tracheophyta. Selain itu, rumput teki juga termasuk ke dalam kelas magnoliopsida yang mana memiliki ordo poales karena berasal dari family cyperaceae dan genus cyperus L.

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui morfologi rumput teki sebagai berikut agar kamu semakin memahami dan mengetahui informasinya dengan jelas tanpa tanda tanya lagi.

Morfologi Batang Rumput Teki

Rumput teki memiliki batang dengan bentuk segitiga dan bisa tumbuh hingga 75 cm tingginya. Rumput ini memiliki nama lain yang sangat banyak, diantaranya adalah Mota, Rukut Teki, Koreha Wai, serta Rukut Wuta yang mana merupakan sebuah rumput palsu yang bisa hidup sepanjang tahun di daerah lapangan yang luas dan terbuka.
Morfologi Daun Rumput Teki

Morfologi rumput teki selanjutnya terdapat pada daun yang ia miliki dengan bentuk yang sangat unik, yaitu seperti pita yang memiliki petulangan daun sejajar dan bagian tepinya sejajar sehingga terlihat seperti rata. Daun ini ini memiliki jumlah yang lumayan banyak yaitu sekitar empat sampai sepuluh helai perdaunnya. Selain itu, daun ini memiliki bunga berbentuk bulir kecil yang sangat indah dan disukai oleh sebagian orang. Biasanya bunga yang sering muncul pada setiap rumput teki berjumlah delapan sampai dua puluh bunga tergantung tingkat kesuburan rumput itu sendiri.

Meskipun rumput ini seringkali dianggap mengganggu dan tidak berguna karena tumbuh sembarang di ladang atau sejenisnya, namun jangan salah bahwa rumput ini memiliki banyak khasiat yang bisa menyehatkan tubuh orang yang mengkonsumsinya. Diantara khasiat yang bisa kamu dapatkan adalah bisa menormalkan siklus haid yang tidak beraturan dan bersifat anti bakteri bagi kesehatan tubuh.

Itulah beberapa informasi yang bisa kamu ketahui mengenai klasifikasi rumput teki dan morfologi rumput teki. Kamu bisa mendapatkan rumput ini dengan mudah apabila pergi ke tempat terbuka seperti lapangan, ladang, perkebunan, jalanan dan sebagainya tanpa harus membeli dengan biaya mahal.


Related Posts

Subscribe Our Newsletter