Klasifikasi Ikan Guppy dan Morfologi Ikan Guppy


Klasifikasi Ikan Guppy dan Morfologi Ikan Guppy

Klasifikasi Ikan Guppy dan Morfologi Ikan Guppy. Salah satu ikan hias yang memiliki nilai ekonomis yang cukup baik adalah ikan Guppy. Salah satu ciri-ciri ikan ini adalah siripnya yang berwarna-warni sangat cantik dan menarik.  Varian warna dari Guppy yang sudah beredar di pasaran ada beberapa yakni biru, merah, hijau, kuning, dan beberapa ada yang kombinasi warna. Bukan hanya siripnya, bentuk ekornya pun menarik dan berbentuk seperti kipas, membulat, atau melebar.

Ikan yang banyak diminati oleh berbagai kalangan ini memang ciri khasnya ada di warna sehingga menjadikannya memiliki harga jual yang relatif tinggi. Ikan yang pertama kalinya ditemukan di Venezuela, Guyana, dan di kepulauan Karibia pada tahun 1859 ini memiliki nama ilmiah Poecilia reticulata. Jika didasarkan pada taksonomi,maka berikut ini adalah klasifikasi serta morfologi dari ikan Guppy.

Klasifikasi Ikan Guppy
Klasifikasi ikan Guppy dan morfologi ikan Guppy, penting untuk dipelajari, bukan hanya untuk pelajar saja, tetapi bagi peternak pun harus tahu. Berikut adalah klasifikasinya:

Kingdom
Animalia
Filum
Chordata
Kelas
Actinopterygii
Ordo
Cyprinodontiformes
Familia
Poeciliidae
Genus
Poecilia
Spesies
Poecilia Reticulata

Morfologi Ikan Guppy
Jika di atas adalah klasifikasi ikan Guppy, selanjutnya klasifikasi ikan Guppy dan morfologi ikan Guppy dari sisi morfologi ikan ini adalah:

  1. Ukuran ikan ini kecil dengan bentuk tubuh yang lonjong dan memanjang silindris. Ukuran ikan Guppy jantan panjangnya mencapai 2 sampai 3 sentimeter, sedangkan imam betina mencapai 4 sampai 6 sentimeter.
  2. Bagian kepala kecil dengan bentuk kerucut agak tumpul, bagian tengah  membesar, dan ekornya kecil
  3. Siripnya lengkap, mulai dari sirip dada, sirip punggung, sirip dubur, dan sirip ekor
  4. Bagian sirip ekor membesar dan membuat bentuk beraneka ragam, salah satunya ekor kipas
  5. Warna ikan Guppy kebanyakan cerah seperti biru, merah, hijau, kuning, cokelat, hitam, dan kombinasi warna lain. Warna-warni inilah yang menjadi salah satu ciri khas ikan Guppy.

Sedikit tambahan selain klasifikasi ikan Guppy dan morfologi ikan Guppy. Ikan Guppy mampu berkembang biak dengan baik pada periode waktu 20 atau 21 hari menyesuaikan dengan kondisi airnya. Setiap seekor indukan mampu menghasilkan 80 sampai 100 ekor benih atau anakan ikan Guppy per periode. Namun, ikan Guppy sangat rentan terhadap suhu air sehingga menyebabkan banyak anakan ikan Guppy mati.

Dalam budidaya ikan Guppy sangatlah harus memperhatikan suhu air maupun lingkungan, normalnya yang digunakan yaitu 27° C untuk hasil yang maksimal. Saya pembenihan pun ikan indukan dan pejantan diletakkan dalam aquarium terpisah. Dengan tujuan mempermudah proses pemijahan.

Tertarik untuk mencoba berbisnis budidaya ikan Guppy? Ikan hias Guppy ini selain cantik juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi, jika Anda ingin mencoba budidaya, harus mengerti dulu terkait klasifikasi ikan Guppy dan Morfologi ikan Guppy agar tidak salah mengira ikan Guppy sama dengan ikan hias berukuran kecil lainnya.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter