-->

Ads 720 x 90

Klasifikasi Jamur Kuping dan Morfologi Jamur Kuping

Klasifikasi Jamur Kuping dan Morfologi Jamur Kuping

Klasifikasi Jamur Kuping dan Morfologi Jamur Kuping. Jamur adalah salah satu bahan makanan yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, selain karena harganya yang terjangkau juga karena ada manfaatnya. Rasanya pun nggak kalah lezat setelah diolah menjadi berbagai macam masakan. Salah satunya yaitu jamur kuping.

Sama seperti namanya, jamur yang memiliki nama latin Auricularia auricula ini berbentuk kuping. Selain jamur kuping berwarna merah, ada juga jamur kuping berwarna hitam atau Auricularia polytricha. Nah, agar lebih paham lagi akan jamur ini, simak klasifikasi dan juga morfologinya di bawah ini.

Klasifikasi Jamur Kuping
Berikut ini adalah klasifikasi dan morfologi jamur kuping yang harus diketahui agar tidak salah menduga dengan jamur lainnya.

Kingdom
Fungi
Filum
Basidiomycota
Kelas
Phravmkbasidiomycetes
Ordo
Auriculariales
Family
Auriculaceae
Genus
Auricularia
Spesies
Auricularia auricula

Morfologi Jamur Kuping
Tak lengkap, jika membahas hanya dari klasifikasinya saja, berikut adalah morfologi jamur kuping agar pengetahuan akan klasifikasi dan morfologi jamur kuping Anda semakin lengkap.

Jamur kuping memiliki karakteristik tubuh yang kenyal mirip dengan gelatin apabila masih dalam keadaan segar. Jika dalam keadaan kering, tubuhnya bisa sekeras tulang. Bagian tubuhnya berbentuk mangkuk atau ada juga yang menyerupai mangkuk. Diameter jamur ini sekitar dua hingga 15 centimeter, tipis tetapi berdaging dan kenyal.

Jamur ini kebanyakan memiliki warna hitam, cokelat kehitaman atau cokelat tua. Jamur kuping yang memiliki warna cokelat di bagian tubuh atasnya dan kehitaman di bagian tubuh buah bagian bawah serta ukurannya yang kecil-kecil adalah jamur yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Selain klasifikasi dan morfologi jamur kuping banyak juga yang mencari tahu nagaimana cara mengonsumsi serat manfaat apa saja yang dimilikinya.

Umumnya, masyarakat mengonsumsinya dengan cara dikeringkan terlebih dahulu untuk disimpan. Jika ingin dimanfaatkan akan direndam terlebih dahulu dalam air dengan waktu yang relatif singkat sehingga jamur kembali ke bentuk semula dan ukurannya sebelum dikeringkan.

Selanjutnya selain klasifikasi dan morfologi jamur kuping ada juga gambaran singkat tentang jamur ini. Jamur yang masuk dalam kelas makroskopis atau bisa dilihat dengan mata ini memiliki miselium bersekat dan bisa dibedakan menjadi dua macam yaitu miselium primer yang intinya bersel satu dan umumnya berasal dari perkembangan basidiospora dan miselium sejnder yang penyusun selnya berinti dua, hasil hubungan dari dua miselium primer atau persatuan dari dua basidiospora.

Manfaat Jamur Kuping
Ada setidaknya delapan manfaat dari jamur kuping, yaitu:

  1. Melancarkan pencernaan
  2. Meringankan gejala wasir
  3. Bisa menjadi makanan alternatif untuk menurunkan berat badan
  4. Mencegah anemia
  5. Melancarkan sirkulasi darah
  6. Aman untuk penderita diabetes
  7. Bisa untuk menurunkan kadar kolesterol
  8. Dan menurunkan kadar penyakit kardiovaskular

Nah itulah klasifikasi dan morfologi jamur kuping beserta manfaatnya yang belum tentu orang lain ketahui. Selain rasanya yang lezat dengan kandungan nutrisi yang baik, ternyata manfaatnya pun menakjubkan.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter