Manfaat Paku Sarang Burung yang jarang Diketahui Orang


Manfaat Paku Sarang Burung yang jarang Diketahui Orang

Manfaat Paku Sarang Burung yang jarang Diketahui Orang. Paku sarang burung adalah salah satu jenis tumbuhan dari tanaman paku, ia sangat populer dijadikan tanaman hias di halaman rumah. Orang Sunda menyebut tanaman ini dengan nama kadaka, sedangkan di Jawa lebih sering disebut kedakah. Tumbuhan ini tersebar ke seluruh negara yang memiliki iklim tropis, di antaranya ada Afrika Timur, India, Indochina, Malaysia, Indonesia, dan pulau-pulau yang ada di samudera Pasifik.

Tumbuhan yang memilki nama latin Asplenium nidus atau A. nidus ini memiliki beberapa kemiripan dengan tumbuhan paku lainnya. Namun, Anda bisa melihat bentuknya yang besar, ental (daun khas yang dimiliki tumbuhan paku) cukup panjang bisa mencapai 150 cm dengan lebar 20 cm mirip dengan daun pisang. Urat daunnya memyirip tunggal.

Sedangkan warna tumbuhan atau daunnya hijau cerah dan menguning jika terpapar matahari langsung. Di bagian bawah helai dan urat daun terdapat spora dengan sori (kumpulan sporangia) semacam kantung memanjang. Ental tumbuhannya yang memgering berkumpul menjadi satu di bagian ujung dan membentuk semacam sarang yang digunakan untuk menumpang di batang atau dahan pohon. Selain bersifat menyimpan air, ental berbentuk sarang ini juga bisa ditumbuhi tumbuhan epifit lainnya. Sebenarnya, paku Sarang Burung ini pun tergolong dalam tumbuhan epifit. Ia bisa tumbuh di mana saja asal ada bahan organik yang menyediakan hara sebagai makanannya. Lalu, apa sih manfaat Paku Sarang Burung selain untuk mempercantik halaman rumah dengan keberadaannya?

Klasifikasi Paku Sarang Burung
Sebelumnya, berikut adalah klasifikasi dari tanaman Paku Sarang Burung ini.

Kingdom
Plantae
Divisi
Pteridophyta
Kelas
Polypodiopsida
Ordo
Polypodiales
Famili
Aspleniaceae
Genus
Asplenium
Spesies
Asplenium nidus

Khasiat dan Manfaat Paku Sarang Burung
Ada beberapa manfaat Paku Sarang Burung yaitu:

  1. Menyuburkan rambut. Caranya dengan menumbuk halus daunnya kemudian dicampur dengan parutan kelapa dan dioleskan ke rambut secara merata
  2. Meredakan demam dan sakit kepala
  3. Bisa dijadikan kontrasepsi
  4. Bisa meredakan gigitan atau sengatan hewan berbisa
  5. Bisa juga untuk anti radang dan pelancar peredaran darah
  6. Sebagai obat bengkak. Caranya dengan mencuci bersih daun Paku Sarang Burung sebanyak 15 gram kemudian dicampur dengan air dan masak hingga air mendidih, sekitar 15 menit. Setelah mendidih, dinginkan airnya dan saring. Hasil saringan dianjurkan diminum sebanyak dua kali sehari untuk hasil maksimal yaitu pagi dan sore.

Selain ditumpangkan di batang atau dahan pohon, Paku Sarang Burung juga bisa dijadikan houseplant yakni ditanam dalam wadah, kemudian dilekatkan di papan kemudian digantung layaknya Paku staghorn. Sekian untuk mempercantik rumah atau halaman, ternyata ada manfaat Paku Sarang Burung yang jarang diketahui orang dan jarang sekali dimanfaatkan. Sudah tahu belum akan manfaatnya di atas? Tertarik untuk memanfaatkannya juga?


Related Posts

Subscribe Our Newsletter