-->

Ads 720 x 90

Pencegahan dan Penanggulangan Pencemaran Tanah

Pencegahan dan Penanggulangan Pencemaran Tanah
Pencegahan dan Penanggulangan Pencemaran Tanah

Pencegahan dan Penanggulangan Pencemaran Tanah - Tanah sangat penting sekali bagi kehidupan manusia jika tidak ada tanah manusia akan memijak apa, tanah juga menjadi rumah bagi pohon-pohon atau hewan-hewan tanah.

Jika tanah mengalami pencemaran untuk menanam pohon saja akan susah karena tanah akan tercemar oksigen pun akan menurun dan udara tidak lagi terfilter dengan baik. maka dari itu sebaik nya kita mulai melakukan pencegahan pencemaran tanah supaya bumi yang indah masih banyak tumbuh pohon-pohon yang membantu memfilter udara.

Untuk melakukan tindakan pencegahan dan penanggulangan pencemaran tanah sebenar nya sangat mudah tergantung zat apa yang membuat tanah menjadi tercemar, seperti yang kita ketahui hampir sebagian besar pencemaran tanah disebabkan oleh manusia karena kesengajaan atau ketidaksengajaan.

langsung saja bersama-sama simak tulisan berikut mengenai cara melakukan pencegahan dan penanggulangan pencemaran tanah.

Cara Pencegahan Pencemaran Tanah

Pencegahan Pencemaran Tanah

Pencegahan Pencemaran Tanah

Untuk mencegah pencemaran tanah kita bisa memulai nya dari kecil terlebih dahulu seperti contoh di bawah ini.

Membuang sampah pada tempat nya 

Dengan melakukan buang sampah pada tempat nya kita membantu mencegah terjadi nya pencemaran pada tanah, kita bisa memisahkan sampah organik dan anorganik dengan wadah yang berbeda.

Melakukan pengolahan sampah organik menjadi kompos

Memanfaatkan sampah organik menjadi kompos, kompos merupakan jenis pupuk yang sangat ramah dengan lingkungan tanah. selain ramah lingkungan pupuk kompos nilai ekonomis nya juga lumayan.

Menjadikan sampah organik pakan ternak

Sampah organik juga bisa menjadi pakan ternak yang bagus, sebelum menjadi pakan ternak sampah organik di fermentasi terlebih dahulu di dalam drum-drum.

Mendaur ulang sampah anorganik

Kita bisa melakukan daur ulang sampah anorganik seperti plastik permen kopi yang bisa dijadikan tas atau mengolah plastik menjadi biji plastik. 

Mengurangi penggunaan bahan-bahan yang susah di urai (anorganik)

Dengan mengurangi penggunakan bahan yang sulit di urai dapat membantu pencegahan pencemaran tanah. kita bisa mengubah tas yang terbuat dari plastik dengan menggunakan bahan yang ramah lingkungan seperti rotan.

Mengurangi penggunaan pestisida

Melakukan penyemprotan pestisida secara berlebihan dapat merusakan tanah maka dari itu kita mulai mengurangi untuk penggunakan pestisida dan lakukan teknik penyemprotan dengan benar. selain itu disaat pembersih wadah bekas pestisida juga anda harus berhati-hati karena pernah ada kasus petani yang lupa mencuci tangan setelah itu makan mengalami kematian karena terdapat pestisida di tangan nya.

Cara Penanggulangan Pencemaran Tanah

Cara Penanggulangan Pencemaran Tanah
Cara Penanggulangan Pencemaran Tanah

Untuk cara menanggulangi pencemaran tanah ada berbagi macam cara, berikut inilah cara-cara nya.

Remediasi

Remediasi adalah kegiatan atau upaya untuk membersihkan permukaan tanah yang tercemar.

Remediasi meliputi 2 jenis yaitu :

  1. Remediasi in situ adalah kegiatan membersihkan tanah yang tercemar tanpa perlu melakukan perpindahan tempat di lokasi pencemaran tanah
  2. Remediasi ex situ adalah kegiatan pembersihan tanah yang tercemar dengan melakukan penggalian tanah yang tercemar dan memindahkan nya ke lokasi yang aman setelah itu barulah melakukan pembersihan tanah
Bioremediasi

Bioremediasi adalah kegiatan atau upaya membersihkan tanah dengan bantuan mikroorganisme seperti bakteri dan jamur

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Cara Melakukan Pencegahan dan Penanggulangan Pencemaran Tanah semoga dengan ada nya tulisan ini dapat menyadarkan kita bahwa betapa penting nya menjaga ekositem tanah. cukup sekian dari saya terimakasih.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter