Apa Itu Adiwiyata Dan Arti Adiwiyata

Apa Itu Adiwiyata Dan Arti Adiwiyata
Apa Itu Adiwiyata Dan Arti Adiwiyata

Apa Itu Adiwiyata! Pasti kalian bertanya-tanya sebenar nya apa itu adiwiyata ? serta tujuan dibuat nya adiwiyata itu untuk apa ? kata adiwiyata sendiri cukup asing bagi kita. jika kita memisah kata adiwiyata. adi memiliki arti besar, agung, ideal, bahkan sempurna dan wiyata memiliki arti tempat.

Maka kita simpulkan bahwa arti adiwiyata adalah tempat yang ideal, tempat yang sempurna, tempat yang agung, tempat yang besar, dan tempat yang penuh akan ilmu pengetahuan.

Sebenar nya adiwiyata adalah program kementrian lingkungan hidup yang memiliki tujuan untuk menyadarkan betapa penting nya tercipta nya pengetahuan dan menyadarkan warga di lingkungan sekolah bahwa betapa penting nya lingkungan hidup.


Pengertian Adiwiyata

Untuk lebih jelas nya Adiwiyata adalah Program yang dibuat untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang baik dan ideal serta meningkatkan norma dan etika supaya tercipta nya kesejahteraan hidup untuk membangun cita-cita yang berkelanjutan.

Pengertian Sekolah Adiwiyata

Sekolah adiwayata adalah sekolah yang memiliki lingkungan yang bersih, sehat, ideal dan indah. dengan ada nya sekolah adiwiyata mampu menyadarkan seluruh warga sekolah bahwa lingkungan yang hijau dan sehat dapat menyehatkan tubuh kita.

Fungsi Adiwiyata 

Fungsi dari adiwiyata sebenar nya tidak jauh-jauh dari lingkungan hidup. program ini menuntut para pelajar agar bisa mengikuti serta terlibat pada aktivitas di sekolah terutama yang menyangkut dengan kebersihan dan kesehatan. para pelajar pun dituntut agar menjauhi hal-hal yang berdampak negatif bagi lingkungan.

Tujuan Adiwiyata

Tujuan adiwiyata adalah membentuk sekolah agar peduli pada lingkungan dan melaksanakan pelestarian lingkungan. supaya generasi sekarang atau mendatang tahu bahwa betapa penting nya menjaga lingkungan.

Manfaat Adiwiyata

Selain itu adiwayata juga memiliki banyak manfaat, dengan ada nya pembahasan manfaat adiwiyata semoga dapat menyadarkan bahwa betapa penting nya menjaga lingkungan.

Berikut inilah manfaat dari program adiwiyata :

  • Mampu merubah pemikiran warga sekolah untuk lebih melestarikan lingkungan dengan lebih baik
  • Mengurangi hal-hal yang negatif yang bisa mengancam lingkungan khusus nya pada lingkungan sekolah
  • Menciptakan kondisi belajar mengajar yang nyaman dan kondusif
  • Menghemat sumber daya dan sumber energi
  • Menjadi sarana generasi muda atau mendatang mengenai nilai-nilai pemeliharan dan betapa penting nya menjaga lingkungan

Demikian lah penjelasan singkat mengenai apa itu adiwiyata, arti adiwiyata, pengertian adiwiyata, pengertian sekolah adiwiyata, fungsi adiwiyata, tujuan adiwiyata, dan manfaat adiwiyata. semoga dengan ada tulisan ini dapat menambah wawasan dan pengetahunan kita. cukup sekian dari saya terimakasih.