Lafadz Bacaan Talbiyah Dengan Arti Nya

Lafadz Bacaan Talbiyah Dengan Arti Nya

Lafadz Bacaan Talbiyah Dengan Arti Nya - Mendengar kata “Talbiyah”, tentu benak kita bakal mengacu untuk hal yang sehubungan dengan haji dan umrah. Yah, bacaan kalimat talbiyah ini memang adalahbagian bacaan yang dibacakan ketika umat muslim sedang mengemban ibadah haji atau umrah di tanah suci Mekah.

Bacaan Talbiyah ini seringkali sering anda dengar, baik berupa lantunan lagu islami yang dilantunkan oleh sejumlah penyanyi, maupun di acara-acara atau di tv saat musim haji.
Bacaan Talbiyah ini pun pernah anda dengar saat kita mendapatkan latihan Agama Islam pada pelajaran haji dan umrah.

Pengertian Bacaan Talbiyah

Bacaan Talbiyah adalah bacaan yang dibacakan oleh orang yang sudah berniat untuk mengerjakan ibadah haji mapun umrah. Mengenai masa-masa dalam mengucapkannya, bertolak belakang antara ibadah haji dan umrah.

Pada ibadah haji, bacaan Talbiyah ini dibacakan dibaca sesudah niat hingga melontar jumrah Aqobah pada tanggal 10 Dzulhijjah. Untuk kaum laki-laki, bacaan Talbiyah ini disunahkan guna mengucapkannya dengan suara keras. Sedangkan untuk kaum wanita, diperintahkan guna tidak mengeraskan suaranya, kecuali di dengar oleh dirinya sendiri.

Dan pada ibadah umrah, bacaan Talbiyah ini dibacakan setelah niat umrah hingga berkeinginan melakukan tawaf. Sama halnya dengan ibadah haji, bacaan Talbiyah ini disunahkan untuk dibacakan dengan suara lantang untuk kaum laki-laki, sementara untuk kaum perempuan tidak.

Adapun tentang hukumnya, beberapa ulama menyepakati sunah muakad. Namun terdapat pula beberapa ulama yang berasumsi bahwa menyimak Talbiyah hukumnya wajib. Perihal anda akan meyakini dan mengekor hukum yang mana, tersebut terserah terdapat pada kita, tergantung madzhab yang anda ikuti.

Yang terpenting dalam urusan ini merupakan kita mesti mengetahui bahwa bacaan Talbiyah ini adalahibadah yang paling disenangi oleh Allah SWT. Dalam bacaan Talbiyah ini tidak sedikit berisi hikmah yang luar biasa.

Bacaan Kalimat Talbiyah

Adapun lafadz bacaan Talbiyah ini sebagai berikut:

Lafadz Bacaan Talbiyah Dengan Arti Nya

Artinya: “Aku penuhi panggilan-Mu ya Allah. Aku penuhi panggilan-Mu ya Allah dan tiada sekutu apapun bagi-Mu. Sesungguhnya puji, nikmat, dan kekuasaan hanya bagi-Mu tanpa sekutu apapun bagi-Mu”.

Kandungan Bacaan Talbiyah

Dalam bacaan Talbiyah terdapat kalimat pujian terhadap Allah SWT, dan pujianlah yang adalahsalah satu ibadah yang sangat disukai Allah terhadap hamba-Nya. 

Pada bacaan Talbiyah tersebut pun berisi arti sebagai pernyataan terhadap atas semua nikmat dan kekuasaan-Nya.

Hikmah dari Bacaan Talbiyah

Sesuai dengan sejumlah hadist, hikmah fundamental yang terdapat di dalam bacaan Talbiyah ini tentunya membalas panggilan Allah SWT. 

Selain membalas panggilan Allah SWT, pun menjawab panggilan Nabi Ibrahim as yang menyerukan perintah untuk mengemban ibadah haji sebab Allah SWT.

Hikmah beda yang dapat didapat dari menyimak Talbiyah, merupakan kita bisa memohon ampun atas dosa yang sudah dilakukan. Bacaan ini pun termasuk jalan guna taqarrub untuk Allah SWT sampai menuju jalan yang lebih baik, dan taat kepada-Nya dengan amal makruf nahi munkar.

Bagi yang pernah menjalani ibadah haji atau umrah, tentu sudah memahami bagaimana hikmah-hikmah di atas dirasakannya. Tentu mereka akan menikmati perjalanan spiritual yang luar biasa. Semoga anda semua pun dapat mengisi panggilan-Nya guna beribadah kepada-Nya.

Itulah keterangan singkat tentang pengertian dan lafadz bacaan Talbiyah serta sejumlah hikmah yang terdapat di dalam bacaan Talbiyah ini. Tidak melulu untuk dibaca saat melakukan ibadah haji atau umrah, bacaan Talbiyah ini pun dapat anda jadikan amalan dzikir guna pengampunan dosa serta guna bertaqarrub untuk Allah SWT.