Fungsi dan Peran Keragaman Budaya Di Indonesia

Fungsi dan Peran Keragaman Budaya Indonesia

Fungsi dan Peran Keragaman Budaya - Jika kita membahas tentang keragaman budaya indonesia merupakan negara yang memiliki bermacam-macam budaya dengan semboyan "Bhineka Tunggal Ika" Tetapi apa sih peran dan fungsi dari keberagaman budaya ini, kita bisa ambil contoh dari ondel-ondel.

Seperti yang kita ketahui ondel-ondel adalah ciri khas dari orang betawi (jakarta) kita melihat nya sebagai hiburan, tapi yang kita perlu tahu bahwa ondel-ondel sendiri adalah bukti bahwa ada nya keberagaman budaya di indonesia.

Di awal tahun ini, kita akan melihat fungsi dan peranan keragaman budaya bagi elemen masyarat tentu nya bangsa indonesia.

Berikut ini adalah fungsi dan peran keragaman budaya :


1. Mendorong Inovasi Kebudayaan

Dengan mendorong inovasi kebudayaan akan mulai memproleh kemajuan dan dapat menghasilkan hasil yang lebih sempurna dari sebelum nya.

Inovasi sendiri merupakan sebuah perubahan, penyebab nya inovasi sendiri karena ada nya asimilasi dalam kebudayaan.

2. Saling melengkapi hasil  budaya

Tidak akan ada hal yang sempurna jika tidak saling melengkapi seperti hal nya kebudayaan.

Negara indonesia memiliki bermacam-macam kebudayaan, maka dari itu kita bisa saling melengkapi dalam semua kebudayaan.

Saling melengkapi dalam arti lain ialah menutupi kekurangan satu sama lain. kita bisa mengambil contoh lagu batak kita mainkan dengan menggunakan alat musik jawa.

3. Tertanamnya sikap toleransi

Karena ada nya sebuah perbedaan maka akan munculah yang nama nya toleransi maupun intoleransi, dengan cara saling mengenal antara individu akan muncul cara nya bersikap toleransi.

Dalam menyangkut keberagaman budaya yang ada di indonesia, setiap suku memiliki budaya yang berbeda-beda yang harus kita ambil dari perbedaan itu adalah saling menjaga dan menghormati. agar tercipta persatuan dan kesatuan.

Bagaimana cara kita untuk menghormati nya, ya kita harus mengenal budaya dari suku lain.

Setiap daerah sangat menginginkan sekali kebudayaan mereka berkembang dan juga di kenal oleh daerah lain, jika setiap suku memiliki sifat menghargai maka akan munculah perkembangan karena ada nya saling mendukung.

Dengan ada perbedaan ini kita bisa mempelajari bahwa sebuah perbedaan itu lebih baik daripada kesamaan.

Demikian lah pembahasan kita mengenai Fungsi dan Peran Keragaman Budaya. dengan ada nya sebuah perbedaan kita akan memiliki keberagaman budaya yang tentu nya tidak dapat di miliki oleh bangsa lain.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter