Tujuan Dan Manfaat Pemberian Kapur Pada Kolam Budidaya

Tujuan Dan Manfaat Pemberian Kapur Pada Kolam Budidaya


Tujuan Dan Manfaat Pemberian Kapur Pada Kolam Budidaya - Mungkin anda bertanya-tanya kenapa para pembudidaya ikan sebelum memasukan ikan nya ke kolam terlebih dahulu memasukan kapur. salah satu tujuan nya adalah membersihkan air dari hama penyakit serta menstabilkan ph air.

Tujuan Utama Pemberian Kapur Pada Kolam Budidaya

berikut ini lah beberapa tujuan di berikan nya kapur sebelum memasukan ikan ke kolam.

Tujuan dari pengapuran adalah supaya tanah dasar yang digunakan untuk membuat kolam memiliki ph air yang stabil,

Selain itu zat kapur juga berfungsi sebagai penyedia unsur hara bagi plankton, plankton sendiri adalah makanan bagi ikan. pengapuran sendiri mampu meningkatkan kesuburan pada kolam.

Manfaat Pemberian Kapur Pada Kolam Budidaya 

  • Meningkatkan alkalinitas supaya pH air menjadi stabil
  • Meningkatkan kesuburan pada kolam
  • Membunuh parasit di dalam kolam
  • Memperbaiki unsur mikro organisme (plankton)
  • Mengikat kelebihan CO2 yang disebabkan oleh pernapasan ikan
  • Mengikat lumpur yang melayang layang di atas air dan menjadi media penjernih air

Cara Pengapuran Pada Kolam Budidaya

Dengan melakukan pengapuran kolam ikan dengan benar mampu meningkat produktifitas pada kolam ikan serta mampu menyeimbang ph air dengan cepat.

Umum nya sebelum pengapuran tanah akan di cangkul terlebih dahulu dan setelah itu di beri kapur dalam keadaan tanah belum di isi air.

3 Jenis kapur yang bisa anda gunakan :

Pada umum nya para pembudidaya ikan menggunakan kapur jenis dolomite, berikut inilah 3 jenis kapur yang di gunakan untuk pengapuran pada kolam ikan.

  • Kapur dolomite adalah jenis kapur yang memiliki kandungan kalsium dan magnesium yang tinggi, kapur dolomite sering digunakan untuk pengapuran pada dasar kolam.
  • Kapur kalsit adalah kapur yang memiliki kandungan magnesium yang sedikit ketimbang dengan kapur dolomite yang memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi.
  • Kapur tohor adalah kapur yang di ambil di pegunungan para pembudidaya sering menyebut nya kapur sirih proses pembuatan kapur tohor adalah di bakar.

3 Jenis kapur di atas memiliki fungsi yang berbeda beda tergantung ke asaman tanah di tempat anda, sebelum melakukan pengapuran sebaik nya anda menghitung berapa takaran yang tepat supaya tidak merusak kesuburan tanah yang sudah di berikan kapur.

Demkianlah artikel mengenai Tujuan Dan Manfaat Pemberian Kapur Pada Kolam Budidaya semoga ada nya tulisan ini ada manfaat yang bisa di ambil terimakasih.

Posting Komentar untuk "Tujuan Dan Manfaat Pemberian Kapur Pada Kolam Budidaya"