Manfaat Terumbu Karang Secara Ekologi Dan Ekonomi

Manfaat Terumbu Karang Secara Ekologi Dan Ekonomi

Manfaat Terumbu Karang - Terumbu karang ( coral reef ) merupakan sekumpulan hewan yang bersimbiosis dengan alga.
terumbu karang juga menjadi tempat hidup dan berkembang nya biota laut. namun banyak orang yang menganggap terumbung karang hanya batu yang berlumut saja sebenar nya terumbu karang juga memilki banyak sekali manfaat secara ekologi maupun ekonomi.

Didalam terumbu karang hidup beraneka ragam biota laut dari yang ikan hias sampai dengan ikan untuk bahan pangan manusia.

Di pembahasan kali ini apa saja manfaat terumbu karang secara ekologi. nah langsung simak saja tulisan berikut ini.

Maksud dari manfaat terumbu karang secara ekologi adalah timbal balik terumbu karang antara makhluk hidup dan lingkungan nya.

Media Penyerap CO2

Manfaat terumbu karang utama nya adalah sebagai media penyerap Gas CO2 atau sering disebut sumber pemanasan global. melalui reaksi kimia gas co2 di ubah menjadi bahan terumbu karang yang di bantu oleh zooxanthellae ( tumbuhan bersel )

Menjadi pelindung pesisir pantai 

Dengan ada nya terumbung karang mempekercil ombak yang menuju kedaratan pantai. sehingga ombak tidak merusak bibir pantai atau sering disebut juga abrasi pantai.

Sebagai Tempat Hidup Ikan


Di sektor ekonomi ada nya terumbu karang membantu sekali bagi manusia dalam bidang pangan, tentu nya dalam konsumsi ikan baronang, ikan ekor kuning , dan ikan kerapu.

Menjadikan pusat pariwisata

Selain bermanfaat bagi biota laut terumbu karang juga bermanfaat bagi kehidupan manusia tentu nya di sektor pariwisata.para wisatawan bisa melakukan diving untuk melihat keindahan terumbu karang dan biota laut yang hidup di terumbu karang.

Terumbu Karang Sebagai Obat kesehatan

Tak hanya bermanfaat di sektor pariwisata terumbu karang juga bermanfaat di sektor kesehatan. ada yang menyebutkan bahwa terumbu karang bisa menjadi obat Anti-Alzheimer.


Nah itulah manfaat terumbu karang secara ekologi maupun ekonomi bisa kita simpulkan bahwa terumbu karang sendiri sebagai paru-paru laut.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter