Apa Itu Pompa Sentrifugal ? - Centrifugal Pump

Pompa Sentrifugal Adalah

Mengenal Pompa Sentrifugal - Pompa adalah sebuah alat yang sangat penting di industri manapun dan dengan ada nya pompa sangat membantu sekali para petani pada musim kemarau. Pompa merupakan salah satu alat yang digunakan untuk memindahkan cairan dari suatu tempat ke tempat yang lain dengan bantuan media perpipaan dengan cara menambahkan energi pada cairan yang akan di pindahkan dan berlangsung secara terus menerus.

Prinsip dari pompa adalah membuat perbedaan tekanan antara bagian yang  masuk (suction) dengan bagian keluar (discharge) dengan kata lain pompa memiliki fungsi sebagai pengubah tenaga mekanis dari suatu sumber tenaga menjadi kinetis.
Tenaga tersebut membantu untuk mengalirkan cairan dan mengatasi ada nya hambatan yang ada sepanjang proses pengairan.

Pompa Sentrifugal adalah salah satu dari jenis pompa pemindah non positif yang memiliki prinsip kerja mengubah energi kinetis cairan menjadi energi potensial melalui impeller yang berputar di dalam casing.

Fungsi bagian-bagian Pompa Sentrifugal antara lain : 

- Stuffing Box

Memiliki fungsi sebagai pencegah kebocoran pada daerah dimana poros menembus casing.

- Packing 

Karet yang digunakan untuk mencegah dan meminimalisir ada nya bocoran air dari casing pompa melalui poros.

- Shaft 

Berfungsi sebagai penerus momen puntir dari penggerak selama beroperasi dan sebagai tempat duduk nya impeller.

- Shaft sleeve

Berfungsi sebagai pelindung poros dari aus, korosi, dan erosi pada stuffing box.

- Vane

sudu dari impeller sebagai tempat berlalu nya cairan yang ada pada impeller.

- Casing 

Casing adalah bagian terluar dari pompa yang memiliki fungsi sebagai pelindung elemen yang sedang berputar, serta sebagai tempat duduk nya diffusor,otulet nozel, dan inlet.

- Eye Of Impeller

Sebagai arah isap impeller dan sisi masuk.

- Impeller

Impeller memiliki fungsi mengubah energi mekanis menjadi energi kecepatan pada cairan yang di pompa secara terus-menerus. sehingga cairan pada bagian isap akan terus-menerus masuk mengisi kekosongan akibat ada nya perpindahan dari cairan masuk sebelum nya.

- Wearing Ring

Berfungsi memperkecil kebocoran cairan yang lewat depan dan bagian belakang impeller, dengan cara mempersempit antara dengan impeller.

- Bearing

Berfungsi sebagai penumpu beban dari poros agar dapat berputar dengan baik, berupa menahan beban radial dan axial.


Tak terasa sudah sampai penghujung artikel, itu pembahasan mengenai apa itu pompa sentrifugal ? dan bagian-bagian yang ada pada pompa sentrifugal.