-->

Ads 720 x 90

Cara Membuat Ikan Asin Gurih, Enak, Dan Tanpa Formalin

Cara Membuat Ikan Asin - Negara tercinta kita ini indonesia sudah dikenal oleh berbagai negara akan sebutan nya salah satu nya ialah negara maritim. karena luas nya lautan kita ini banyak sekali olahan makanan yang berasal dari ikan contoh nya dendeng ikan dan otak-otak.

Cara Membuat Ikan Asin Gurih, Enak, Dan Tanpa Formalin


Jika anda berwisata ke daerah jawa barat tentu nya anda pasti akan menemukan yang nama nya pepes peda ya bahan utama nya sendiri adalah ikan asin. hampir setiap resto yang bertemakan saung menyediakan makanan ini.

Sebelum menuju ke penjelasan selanjut nya sudah ada yang tau belum apa itu ikan asin ? ikan asin adalah ikan yang diawet dengan memberikan banyak garam kepada daging ikan. dengan ada nya pengawetan tersebut ikan akan tahan lama hingga berbulan-bulan. Para pembuat ikan asin bisa anda temukan di daearah pesisir pantai atau laut

Cara Membuat Ikan Asin Gurih, Enak, Dan Tanpa Formalin

Bahan Baku Ikan Asin

Sebelum membuat ikan tentu nya kita membutuhkan bahan utama nya yaitu ikan anda bisa menggunakan berbagai macam ikan oke langsung saja.

Ikan Gabus

Ikan gabus adalah ikan yang paling banyak digunakan untuk membuat ikan asin kering karena terbilang mudah untuk mendapatkan nya.

Ikan Peda / Kembung

Ikan peda termasuk dalam ikan yang mudah cari juga tetapi ikan asin ini biasa nya di buat ikan asin setengah kering.

Ikan Manyung / Kadukang


Ikan ini adalah termasuk ikan yang sulit dicari dan termasuk bahan olahan ikan asin yang paling dicari cari oleh pembeli dan tentu nya harga nya  paling mahal di pasaran.


Garam

Tentu nya kita akan membutuhkan yang nama nya garam tanpa garam ikan asin tidak akan menjadi ikan asin fungsi nya sendiri ialah untuk membunuh bakteri dan menghambat pembusukan pada ikan. garam yang digunakan garam gasar yang tinggi sekali NaCl.


Teknik Penggaraman

Untuk teknik penggaraman banytak sekali teknik nya tetapi kita akan mengambil 2 teknik yang sering sekali di pakai untuk pembuatan ikan asin. antara lain  :

-Teknik Penggaraman Kering ( Dry Salting ) 

Teknik penggaraman dry salting adalah teknik penggaraman yang menggunakan garam yang berbentuk kristal teknik penggaraman ini cocok untuk berbagai ukuran ikan dari ikan kecil sampai ikan yang besar seperti ikan Manyung / Kadukang. dengan cara melapisi setiap bagian ikan dengan garam.

- Teknik Penggaraman Basah ( Wet Salting ) 

Penggaraman ini sama dengan dry salting tetapi beda ialah teknik ini menggunakan larutan garam yang cukup sedikit air setelah itu ikan akan ditumpuk contoh ikan asin nya ialah ikan asin peda.


Cara Membuat Ikan Asin Dengan Teknik Penggaraman Kering

  1. Bersihkan ikan dari kotoran hingga bersih sampai tidak kotoran tersisa supaya memperkecil ada nya bakteri pada ikan
  2. Siapkan garam kristal hitungan garam nya untuk yang besar kisaran 20 - 30 % untuk yang sedang 15-20% untuk ikan kecil  cukup 5%
  3. Siapkan wadah untuk lalu berikan garam kurang lebih 5cm setelah itu anda baru masukan ikan yang sudah anda bersihkan tadi.
  4. Timbun ikan tadi dengan garam jangan lupa untuk menaruh posisi perut ikan ke bawah wadah  
  5. Setelah itu tutup dengan ayaman bambu  atau rotan
  6. Biarkan selama 2-3 hari untuk ikan yang berukuran besar, untuk yang berukuran sedang cukup 1 hari, dan untuk yang kecil 12-24 jam saja cukup.
  7. Jika sudah selesai proses penggaraman nya selanjut nya bilas ikan sampai bersih
  8. Siapkan wadah untuk menjemurkan 
  9. Susun ikan berikan jarak sekitar 1cm 
  10. Jemur di bawah sinar matahari jangan di oven yah 
  11. Jangan lupa untuk membalik ikan nya supaya cepat mengering

Cara Membuat Ikan Asin Dengan Teknik Penggaraman Basah

  1. Siapkan garam yang sudah anda berikan air
  2. Kira-kira perbandingan nya garam nya 70:30 atau 50:50
  3. Siapkan bak kedap air lalu masukan ikan yang sudah anda bersihkan kedalam bak tersebut.
  4. Setelah itu masukan larutan garam yang sudah anda buat jangan lupa untuk memberikan pemberat pad ikan supaya tidak mengapung.
  5. Tunggu selama 1-2hari tergantung ukuran ikan yang ingin anda buat ikan asin 
  6. Jika proses perendaman ikan di larutan garam sudah selesai selanjut nya cuci ikan dengan air bersih
  7. Susun ikan di wadah untuk proses penjemuran

Oke sampai sini saja Cara Membuat Ikan Asin Gurih, Enak, Dan Tanpa Formalin jangan lupa share artikel ini yah sob dengan men share artikel ini anda membantu untuk perkembangan blog ini.

Semoga ada nya artikel ini dapat membantu anda untuk membuat ikan yang bercitarasa tinggi.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter